Hipnotis Indah Dewi Pertiwi To Save Planet


Dear readers,

Postingan blog saya kali ini saya tulis spesial bagi Indah Dewi Pertiwi (salah satu dari hot blogger baru – blog detik) yang lagi mau belajar nge-blog dengan melihat contoh cara me-review video dari hitsnya berjudul Hipnotis. Saya sendiri cukup sering mendengar lagu Hipnotis saat menonton TV namun jujur baru melihat video versi full-version saat mengikuti sayembara “Hipnotis Blogging Contestini.

Kualitas suara dan ekspresi Indah Dewi Pertiwi di klip Hipnotis ini, saya bisa bilang sudah mantap,vokalnya nge-hipnotis pendengar sehingga nonton video ini berulang kali ditambah dengan Indah Dewi Pertiwi yang banyak senyum jadi tambah deh ke-hipnotisnya. Oleh karena saya tidak mempersoalkan mengenai kualitas vokal dan ekspresi maka review video Hipnotis ini akan benar-benar fokus membahas mengenai isi video. Saya memiliki 4 aspek setiap kali mereview dan menilai satu video klip, ke-enam aspek dengan masing-masing berbobot 20 poin, adalah: Tema, Setting, Alur dan Keterkaitan, Pesan dan Detail.

Here we go, the Hipnotis Video Clip Review by Yosua Kristianto:

1. Tema

Berdasarkan pengamatan saya, Tema atau Garis Besar video Hipnotis ini adalah datangnya alien yang menumpang sebuah meteor, terbakar melewati tingkatan atmosfir dan mendarat di Indonesia (Kenapa di Indonesia? kemungkinan besar karena teknologi pengawasan antariksa Indonesia belum secanggih NASA, jadi Alien keluar-masuk sembarangan juga tidak ada yang tahu hwhwhwhw). Kedatangan Alien dengan nafsu dan teknologinya ini adalah untuk menginvasi planet bumi dan menghancurkan peradaban yang ada. Namun sesosok Indah Dewi Pertiwi menjadi penyelamat planet bumi dengan remote control canggihnya yang bisa membalikkan semua kerusakan (English: Reverse Damages) yang sudah terjadi akibat ulah para alien.

Pembuka Hipnotis - Indah Dewi Pertiwi

(+) Berani Inovasi. Saya menilai bahwa tema video Hipnotis ini sangat unik bagi sebuah video klip, sepanjang saya hidup 24 tahun saya tidak pernah melihat satupun video lagu terutama di Indonesia (yang kebanyakan bertema cinta dan kesedihan insan manusia) dengan tema invasi alien. Tema seperti ini hanya ditemui di film karena memang pada film ada waktu yang cukup untuk menjelaskan keseluruhan tema disertai alur yang cukup jelas. Jadi keberanian merintis tema yang cukup sulit di video Hipnotis Indah Dewi Pertiwi yang berdurasi hanya 8 menit ini layak diganjar dengan poin penuh 20, ini adalah inovasi baru bagi tema video klip di Indonesia.

(-) Kompleksitas. Sayangnya pengangkatan tema invasi alien ini terbilang cukup kompleks, sehingga tidak semua level masyarakat bisa mengerti atau memahami sepenuhnya tema dari video Hipnotis versi ini. Penikmat musik yang tidak terlalu update dengan cerita invasi alien (bahkan mungkin tidak tahu definisi alien) bisa kebingungan saat pertama kali menontonnya. Bandingkan dengan tipikal video klip Indonesia yang tadi saya singgung sering bertema percintaan atau kesedihan, hampir semua kalangan masyarakat bisa memahami video tersebut karena tema tersebut dekat dengan kehidupan sehari-hari. Ya memang ada harga yang harus dibayar dari pengangkatan tema yang unik dan inovatif, jadi karena kompleksitas temanya, poinnya saya reduksi 3.

Total poin aspek Tema: 20 – 3 = 17

2. Setting

Untuk setting video Hipnotis ini, saya menghitung ada 8 penggambaran tempat berbeda yang diambil. Setting berpindah-pindah dari pertama Indah Dewi Pertiwi berdiri di dekat air terjun berlokasi di Gunung Rinjani (tempat yang sama juga saat ditengah-tengah video antara tempat ke-5 dan ke-6 nanti); kedua adalah di semacam markas/pesawat antariksa alien, tempat di mana alien tersebut nampak setelah sesaat sebelumnya mendarat di bumi dan seolah-olah masuk ke dalam tanah; ketiga adalah di pinggiran kota semacam tempat pembuangan limbah atau belakang pabrik yang tidak terpakai, di mana para alien tersebut berubah dari liquid menjadi bentuk manusia dan mulai menari di bawah hujan; keempat adalah tempat komunitas underground ditandai dengan background dinding yang bergrafiti dan juga komunitas breakdance sedang menunjukkan kebolehannya; kelima adalah di atas sebuah karang tepi laut yang berada di Tanjung Aan-Lombok; keenam adalah di Ambarawa di mana terjadi peperangan antara robot melawan pejuang Indonesia; ketujuh adalah di atas dek kapal yang berada di tengah laut jawa; kedelapan adalah kota Jakarta yang diluluhlantahkan, terlihat jalan-jalan protokol seperti kawasan Thamrin, Bundarah HI dan Sudirman hancur lebur disikat Tsunami.

(+) Kenakekaragaman. Delapan lokasi yang berbeda-beda di mana satu di antaranya adalah lokasi digital (markas robot alien), keindahan alam (Rinjani dan Tanjung Aan), medan perang (ambarawa), tengah laut (Laut Jawa) dipadu dengan setting waktu berbeda juga, ada pagi hari (awal video hingga saat meteor menghantam bumi), malam hari (saat dance di pinggiran pabrik dan saat duel dengan breakdance community), siang hari (Air terjun di gunung Rinjani dan perang Ambarawa), Sore (Langit yang tidak terlalu terang di kapal tengah Laut Jawa dan kegelapan di Jakarta) dan menjelang matahari terbenam (penutupan di akhir video).

Busana juga terbilang cukup beragam, ada yang modis, futuristik, seragam pejuang kemerdekaan dan kasual. Well, mungkin satu kata yang tepat adalah ‘gado-gado’, setting lokasi dan propertinya beraneka-ragam dan ini sungguh beda. Kebanyakan dari video klip yang saya pernah lihat selain Hipnotis, mereka menerapkan konsep fokus di satu atau dua setting saja dengan properti atau kostum yang tidak banyak variasinya. Sedangkan di video Hipnotis, ada 8 setting berbeda, cuaca berbeda dan kostum beragam, lengkap dan enak dipandang seperti layaknya gado-gado (bermacam-macam bahan dasar, banyak tapi satu rasa: enak), layak dapat poin penuh 20.

(-) Kostum Cukup ‘Terbuka. Sebenarnya kostum yang dipakai Indah Dewi Pertiwi cukup saya suka dan saya rasa cocok dengan konteks tema video ini, namun terlihat cukup seksi terlihat dengan pusar yang jelas bisa dilihat dan celana yang cukup pendek (beberapa centi di atas lutut, kalau masih SD, pasti kena hukum jemur sambil hormat bendera ini, wkwkwkwk).

Cuplikan Image, Kostum IDP-Hipnotis

Kostum yang saya bilang cukup seksi ini masih belum bisa sepenuhnya diterima oleh budaya dan norma ketimuran yang dimiliki oleh orang Indonesia pada umumnya, terutama oleh golongan tua atau radikal, padahal untuk masalah kostum masih bisa menggunakan kostum lain yang tidak terlalu terbuka untuk mengurangi komentar negatif. Jika orang sudah menilai negatif karena masalah penampilan, bisa-bisa pesan dan itikad baik yang mau disampaikan ikut ditolak juga. Oleh karena itu dengan berat hati dan memperhitungkan faktor ini, saya harus reduksi 2 poin saja.

Total poin aspek Setting: 20 – 2 = 18

3. Alur dan Keterkaitan

Alur video Hipnotis bisa dibilang cukup kompleks, pada awal-awal video masih bisa diikuti dengan cukup logis, sampai kemudian alur mulai menjadi kompleks setelah para alien berpindah lokasi dari markas mereka ke jalanan dan ditambah dengan adanya remote control supercanggihnya Indah Dewi Pertiwi yang berpindah-pindah setting bahkan ditutup dengan Reverse Damages yang menggambarkan alur mundur dari keseluruhan video dalam waktu cepat.

(+) Dinamis. Yang saya suka dari video Hipnotis ini adalah dinamika alurnya. Penggambaran alur secara garis besar yang saya tangkap adalah:

A. Pengenalan masalah,yaitu tahap awal kedatangan dan invasi para alien.

B. Mulai membaur dengan manusia melalui battle-dance.

C. Pengenalan Remote Control Hipnotis yang bisa melakukan banyak hal (hal pertama adalah teleportasi) diikuti dengan  battle-dance.

D. Perpindahan lokasi dan waktu menggunakan remote (tetap konsisten nge-dance bagaimanapun settingnya).

E. Klimaks alur dengan hancurnya kota Jakarta karena dieksekusi dari markas alien.

F. Antiklimaks dengan alur balik (penggunaan fitur “Reverse Damages” dari remote control).

G. Penutup dengan setting senja matahari dan pesan terakhir yang tertulis.

Kedinamisan ini membuat saya menjadi tidak bosan menyaksikan video HipnotisIndah Dewi Pertiwi. Ditambah lagi dengan efek animasi yang dikerjakan dengan sungguh-sungguh sehingga menjadi kunci dari keterkaitan antara keanekaragaman setting dan kedinamisan alur. Perfekto, 20 poin.

(-) Relevansi di dalam alur. Jika ditonton dengan jeli maka saya yakin akan banyak orang yang setuju dengan pendapat saya bahwa ada beberapa cut-scene yang cukup aneh dan tidak relevan dengan keseluruhan isi, contohnya:

A. Menit 3:07 – 3:40, tiga puluh tiga detik ini menurut saya cukup aneh, semenjak dari detik awal hingga menit ke 3 saya masih bisa mengerti jalan ceritanya. Awal dari bagian ini saya mengerti bahwa ini adalah scene naiknya alien ke muka bumi, namun saya malah jadi tidak mengerti dengan dance yang disetting seperti berada di dalam air, ditambah dengan buruknya transisi scene dari detik 3:40 – 3:41, tiba-tiba lagu dan scene sebelumnya distop, langsung muncul mobil sport masuk ke lokasi komunitas underground untuk melakukan battle-dance. Alur berubah drastis dalam waktu hanya 1 detik seperti merusak keterkaitan alur satu dengan yang lainnya. Jujur, 33 detik ini yang saya paling tidak suka dari keseluruhan video HipnotisIndah Dewi Pertiwi.

Dance Didalam Air

Mulai Memudar untuk Transisi, Musik Langsung Stop

Pindah Scene, Musik Berganti, Transisi yang Tidak Smooth

B. Scene 05:02, satu detik ini juga menjadi satu detik yang saya tidak sukai juga, karena cukup aneh untuk menunjukkan proses Hipnotis (di mana para dancer yang lagi battle kena hipnotis jadi dance bareng Indah Dewi Pertiwi), buat apa sampai ada tulisan HIPNOTIS dalam bentuk grafiti tiba-tiba dianimasikan dengan jelas.

Scene 05:02

Padahal akan lebih baik jika menggunakan konsep semula saat melakukan teleportasi ataupun konsep di akhir video saat reverse damages, di mana semuanya dilakukan dengan Remote Control yang dipegang Indah Dewi Pertiwi, bukankah memang nanti tujuan akhirnya juga memberitahu bahwa “Remote” itu ada di dalam diri kita sendiri sebagai manusia. Saya berpendapat dan menilai bahwa Satu Detik (05:02) ini sudah merusak relevansi dan konsistensi yang coba dibangun dari sejak semula hingga akhir.

Kedua kekurangan menurut pendapat saya ini berujung pada reduksi 4 poin (3 poin karena bagian pertama, 1 poin karena bagian kedua).

Total poin aspek Alur dan Keterkaitan: 20 – 4 = 16.

4. Pesan

Video HipnotisIndah Dewi Pertiwi ini memberikan pesan kepada para penikmat video clip dengan sangat gamblang. Perpaduan pemasukan pesan secara implisit (deskripsi analogi invasi alien ke bumi dan terselamatkan dengan teknologi “Reverse Damages“) dengan secara eksplisit (Teks dan kata terakhir “The Remote is within ourselves, The World is in your hand, Reverse the Damage, Save the Planet“) sudah cukup mengingatkan dan mendorong para penonton untuk mulai peduli dengan lingkungan hidup mereka.

Save The Planet

Video Hipnotis dengan tema kepedulian lingkungan hidup ini merupakan satu langkah awal positif dalam dunia media lebih spesifiknya di video musik. Tidak banyak video musik di planet bumi ini yang memberikan pesan secara eksplisit untuk masalah lingkungan hidup ini. Saya sendiri berharap ada pesan lanjutan melalui video-video Indah Dewi Pertiwi lainnya atau bahkan penyanyi lain yang terinspirasi dari video Hipnotis; karena memang satu kali saja tidak akan cukup untuk membuat masyarakat luas mau mengerti dan berpartisipasi dalam gerakan Save The Planet ini. Untuk penilaian pesan, sempurna 20 poin tanpa ada reduksi lagi dari saya.

Total poin aspek Pesan: 20 – 0 = 20.

5. Detail

Bagian detail video Hipnotis inilah yang menghasilkan satu pertanyaan dan semoga dijawab oleh Indah Dewi Pertiwi, pertanyaannya adalah “Beneran nih Orang Indonesia yang bikin animasinya?”. Sumpah keren abis euy, memang sih konsep animasinya seperti menggabungkan konsep film Transformer, Jumper dan 2012/The Day After Tomorrow, dll; tapi itu bukan sesuatu yang salah karena jika memang benar tim yang buat semua animasinya adalah orang-orang Indonesia maka saya salut dan bangga ternyata ada yang kualitasnya seperti SonyPictures. Detail-detail lain dalam animasi dari awal hingga akhir saya suka, biar lebih jelas nih saya printscreen bagian-bagian yang menjadi favorit saya:

A. Invasi Alien dari luar angkasa hingga masuk ke bumi.

Alien's Egg Invades The Planet

B. Perubahan Alien dari Speaker menjadi Robot

Sebelum: Speaker

Sesudah: Robot (Hati-hati dengan speaker yang anda beli)

C. Alien naik ke permukaan bumi dari semacam liquid menjadi bentuk manusia

Liquid Forms Human Body (Very clear animation)

Magnificent Liquids Dance under the Rain

D. Animasi yang mengikuti Indah Dewi Pertiwi dari turun mobil hingga pertama kali melakukan teleportasi

Lihat Beberapa Animasi di Bawah Mobil

Lihat Lagi Animasi di Tembok Belakang

Dilengkapi Animasi bahkan Saat Main Remote Control

E. Animasi sinar pada tangan dan kaki yang mengikuti gerakan Battle-Dance, gerakan dance jadi terlihat lebih jelas

Gerakan Tangan Diikuti Sinar

Gerakang Kaki juga Diikuti Sinar

F. Transisi saat teleportasi yang cukup detail

Teleportation Ready (Close Up)

Awal Inisiasi Teleportasi

Mulai Menghilang

Hilang Berganti Dimensi Waktu dan Ruang

G. Peperangan di Ambarawa, Robot Alien vs Para Pejuang Indonesia

Detail Kondisi di Tengah Medan Perang (Close Up)

Animasi Medan Pertempuran yang Sempurna

Masih Dipake aja nih Bambu Runcing Sakti Khas Indonesia

Dulu Sasarannya Orang, Sekarang Robot, Makin Sakti Ternyata

Tetep Ngedance di Tengah Peperangan, Good Background Animation

H. Kehancuran kota Jakarta

Kawasan Semanggi yang Mungkin Begini Jika Global Warming Bertambah Parah

Ini Kawasan Thamrin Kena Sikat Puting Beliung

Kawasan Sudirman Juga Tidak Luput

Bundaran HI Kelelep, Bisa Bubar Acara Car Free Day Tiap Minggu

I. Reverse Damages

Tertolong dengan Remote Berfitur Reverse Damages

Dengan kualitas animasi seperti itu, sayang jika hanya berkarya bagi video clip, ini harusnya bisa dibuat hingga bikin film animasi layar lebar profesional pertama dari Indonesia. So pasti layak dapat poin penuh 20 bagi para animator yang handal dan sangat bertalenta.

Total poin aspek Detail: 20 – 0 = 20

Keseluruhan poin review video HipnotisIndah Dewi Pertiwi versi Yosua Kristianto adalah:

17+18+16+20+20 = 91,

peraihan nilai ini jika dikonversi menjadi grade adalah grade A, yang berpredikat Excellent! Selamat kepada Indah Dewi Pertiwi dan tim kreatifnya karena saya harus akui video Hipnotis bisa menjadi langkah awal bagi revolusi kebangkitan nilai-nilai konten video dan perfilman diiringi dengan pemanfaatan animasi berkualitas tinggi ciptaan dalam negri.

I am waiting for another revolutionary video clip by Indah Dewi Pertiwi.

“God created mankind to take care the earth and its inhabitants, if God dare to trust the earth to us, then it’s not something called impossibility. Save the Planet, the remote is within ourselves…” – Yosua Kristianto (and little quotation from Hipnotis Video Clip).

Warmest Regards,

Yosua Kristianto, B.Sc

P.S. Buat Indah Dewi Pertiwi, nge-blog itu gampang kok, kuncinya berani ekspresikan apa yang ingin kamu ekspresikan tapi sopan dan positif, mumpung hidup di negara demokrasi.. ^^

Hipnotis To Save Planet

Advertisements

9 thoughts on “Hipnotis Indah Dewi Pertiwi To Save Planet

  1. sebenernya uda lama denger lagunya sih … enak ringan… cuma agak monoton yah… 😀 jadi cuma hafal reff-nya doank…
    ngeliat tulisan ini jadi penasaran liat video klipnya… *jadi terpaksa nyari-nyari di youtube..
    komposisi musiknya sih asik… cuma agak kurang enak aja pas dengerin klipnya, soalnya sering di putus sama parodi… ya ga ngerti juga sih.. tapi jadi berasa ga enak dengerinnya…
    hhe… nice job yos… makes me curious ’bout it… 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s